Power of Spiritual Quotient

Dasar Pemikiran

Kehidupan akhir-akhir ini dirasakan dan disaksikan semakin carut marut, sebagai dampak dari krisis multi-dimensional yang berkepanjangan karena tidak / kurang mampunya bangsa dan negara ini untuk menanggulanginya.

Kekurang mampuan untuk menanggulangi hal tersebut, karena masing-masing individu, kelompok dan golongan selalu mengedepankan kepentingannya masing-masing tanpa memperhatikan dampaknya terhadap bangsa dan negara, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Kondisi ini disebabkan karena kurang berperannya hati dan nurani yang dimiliki masing-masing individu karena sudah meninggalkan dan menanggalkan jiwa / ruh / kekuatan kecerdasan spiritual manusia.

"Mereka memiliki hati tetapi tidak faham, mereka memiliki telinga tetapi tidak mendengar, mereka memiliki mata tetapi tidak melihat, mereka bagaikan binatang ternak bahkan lebih sesat dari padanya"

Agar bangsa dan negara segera keluar dari krisis multi-dimensional dan segera pula diangkat dari musibah / teguran Sang Pencipta, maka segeralah bersihkan debu yang masing melekat (sucikan jiwa) dan asahlah / latihlah kecerdasan spiritual sehingga ruh / kekuatannya dapat mendorong manusia dalam berusaha dan berupaya untuk memberikan manfaat kepada lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara.

Ruh kecerdasan spiritual dapat meningkatkan kepekaan hati dan ketajaman nurani, yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam menghadapi hidup dan kehidupan di dunia ini.

Power of Spiritual Quotient

Ruh / kekuatan kecerdasan spiritual akan bangkit apabila manusia dalam mengarungi hidup dan kehidupannya selalu terkait dan bermuara kepada keyakinan spiritual yang dimilikinya.

Sehubungan hal tersebut, maka manusia harus piawai menentukan visi, misi dan tujuan hidupnya serta memahami dan mampu merubah pradigma / pola pikir nya yang berkaitan dengan tujuan hidup (goal of life), jalan hidup (way of life) dan tuntunan hidup (guidance of life) dengan nilai-nilai spiritual.

Pelatihan Power of Spiritual Quotient mencoba merangsang dan menggiring paradigma / pola pikir peserta latih (trainee) menuju nilai-nilai spiritual, dengan mengungkap / mengidentifikasi kadar / tingkatan yang dimiliki masing-masing (kondisi aktual), serta pemaparan akan nilai-nilai spiritual yang hakiki (kondisi ideal), dengan demikian diharapkan peserta latih menyadari, memahami dan mampu untuk menerapkan kondisi ideal dalam kehidupannya sehari-hari.

Dengan konsep 3 (tiga) fondasi / pilar kehidupan dilengkapi dengan 4 (empat) tahapan proses pensucian diri (Clearing Soul Process), maka pelatihan PSQ dapat membangkitkan hati dan nurani yang pernah beku agar berperan secara maksimal dan memberikan manfaat dalam mengarungi hidup dan kehidupan di dunia ini.

Apabila setiap individu memiliki tingkatan ruh / kekuatan kecerdasan spiritual yang memadai, maka yang bersangkutan dapat mengendalikan seluruh aktivitasnya dengan nilai-nilai spiritual, sehingga lingkungan atau masyarakat yang ber-interaksi dengan yang bersangkutan akan merasakan sampai sejauh mana kekuatan spiritual quotient dapat memberikan manfaat dalam hidup dan kehidupan baik kehidupan individual maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.

Sasaran

Membangkitkan / meningkatkan kekuatan kecerdasan spiritual, sehingga bijak dan piawai dalam mensikapi situasi dan kondisi dengan mengedepankan kemaslahatan dan kebahagian ummat baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Topik Bahasan

  1. Introduction
    1. Ice breaking
    2. Penjelasan materi bahasan
    3. Menemu kenali diri
  2. Perjalanan Manusia
    1. Introduction
    2. Pra Dunia
    3. Dunia
    4. Kematian
    5. Pasca Dunia
  3. Power of Spiritual Quotient
    1. Pondasi kehidupan
    2. Goal of life
    3. Way of life
    4. Guidance of life
    5. Bright Soul

Metoda

Experiential Learning yang mencakup kegiatan praktek lapangan, edutainment, games, simulation, case study, discussion dan pemaparan konsep (ceramah).

Lama / durasi

2 (dua) hari atau 16 (enam belas) jam dengan durasi setiap jam pelatihan selama 50 (lima puluh menit).

Lokasi

In & out door.

Media

  • LCD Proyektor
  • Komputer (Note book / Desk Note)
  • Flipchart
  • Material game, simulasi & studi kasus.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Mixx Blogger Template - Blogger Templates by BloggerReflex

Sponsored by: Trucks | SUV | Cheap Concert Tickets