Pensiun

Dasar Pemikiran

Memasuki masa pensiun dibutuhkan kesiapan fisik dan mental, karena adanya perubahan yang sangat mendasar dan signifikan dalam aktivitas, kebiasaan dan cara berfikir seseorang, sehingga masa pensiun kadangkala dibayangkan sebagai masa-masa yang sangat menakutkan.

Banyak kalangan yang menganggap, bahwa pensiun merupakan kehidupan yang penuh penderitaan karena masa itu penghasilan akan turun secara derastis, sedangkan kebutuhan biaya justru meningkat, karena usia semakin tua memerlukan perawatan kesehatan yang cukup mahal, anak-anak yang semakin besar dan mereka sedang mengikuti jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah yang kebutuhan biayanya semakin melangit.

Kondisi ini apabila tidak disikapi dengan bijak dan tepat akan memberikan dampak dan pengaruh yang sangat fatal, baik terhadap kesehatan fisik maupun mental, sehingga banyak para pegawai yang memasuki masa pensiun justru diserang oleh berbagai penyakit yang berbahaya bahkan mematikan.

Perusahaan pemberi kerja harus bijak dan arif dalam menghantarkan para pegawai yang akan memasuki masa pensiun dengan perlakuan yang baik dan tepat, apabila mungkin memberikan pembekalan kesiapan mereka baik secara pisik maupun mental.

Kepedualian semua pihak sangat bermakna dan menentukan hari-hari berikut yang akan mereka lalui, dapatkah mereka lalui masa-masa itu dengan pandangan yang optimis (tenang, senang dan penuh senyuman) atau sebaliknya dengan pandangan pesimis (kekhawatiran, keresasahan dan penuh penderitaan).

Kegiatan pembekalan masa pensiun diharapkan dapat memberikan manfaat ganda, yaitu dapat meningkatkan kesiapan dalam memasuki masa pensiun baik secara jasmani maupun rohani serta memiliki alternatif pilihan kegiatan dalam mengisi waktu di masa pensiun, apakah meningkatkan kegiatan sosial keagamaan, bekerja dengan karir kedua atau berwira usaha.

Pembekalan Memasuki Masa Pensiun

Pembekalan memasuki masa pensiun adalah merupakan kegiatan pelatihan bagi para pegawai yang akan memasuki masa pensiun agar dapat mengurangi gejolak yang mungkin terjadi pada diri pribadi pegawai yang akan pensiun dan atau keluarganya (isteri dan anak-anaknya).

Memasuki masa pensiun bukan hal yang mudah bagaikan membalikkan tangan, akan tetapi harus dengan persiapan yang matang, baik secara pisik, mental maupun finansial.

Perubahan yang dahsyat dalam kehidupan adalah kematian dan saudara kembarnya adalah ketika kita memasuki masa pensiun, karena masa ini, sehebat apapun diri kita bagaikan tiada guna, sehingga kaidah bahasa melayu (Malaysia) para pensiunan disebut Lasykar Tak Berguna.

Pembekalan ini berusaha memberikan :

  1. Pencerahan dan pemahaman akan hakekat pensiun, sehingga setiap individu menyadari bahwa pensiun adalah sesuatu yang akan terjadi dan tidak dapat dihindarkan bagi para pegawai, sehingga mereka harus mensikapi dengan bijak dan tepat.
  2. Pencerahan dan pemahaman akan peluang, kesempatan dan pilihan aktivitas yang akan digeluti pada masa pensiun yang akan mendorong hidup semakin bermakna, baik untuk dirinya, keluarganya maupun lingkungan disekitarnya.
  3. Bimbingan dalam menyusun rencana aktivitas yang dipilih dengan berbagai peluang dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta.

Diharapkan dengan kegiatan pembekalan ini, mereka menyongsong hari esok dengan optimis dan penuh harapan.

Sasaran

  1. Mampu mensikapi dan memasuki masa pensiun dengan optimis, kreatif dan segudang harapan.
  2. Mampu memanfaatkan peluang waktu pensiun dengan kegiatan yang positif dan produktif.

Topik Bahasan

  1. Ice Breaking
  2. Issue Pensiun
  3. Peluang pilihan aktivitas pasca pensiun (sosial keagamaan, bekerja karir kedua / berwira usaha).
  4. Action Plan

Metoda

Experiential Learning yang mencakup kegiatan edutainment, games, simulation, case study, discussion dan pemaparan konsep (ceramah).

Lama / Durasi

1 (satu) hari atau 9 (sembilan) jam pelatihan dengan durasi per jam pelatihan selama 50 (lima puluh) menit.

Media

  • LCD Proyektor
  • Komputer (Note bokk / Desk Note)
  • Flipchart / White board
  • Material games, simulasi / studi kasus.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Mixx Blogger Template - Blogger Templates by BloggerReflex

Sponsored by: Trucks | SUV | Cheap Concert Tickets